Sabtu, 01 April 2023

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

 


Resume ke-22 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Senin, 27 Februari  2023

    Tema              : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru 

    Narasumber  : Catur Nurrohman Oktavian, M. Pd

    Moderator     :  Sim Chung Wei, S.P.


Hallo Sobat bunda, Sahabat Literasi , sahabat Nusantara...

Hayo siapa yang suka baca majalah ? Kalo ada yang suka sama donks kitah.. Tapi majalah khusus Guru dulu banget belum ada yaa. Sekarang ini baru ada versi Majalah Guru dari PGRI yaitu Majalah Suara Guru. Bunda sie suka intip Majalahnya di Ruang Tata Usaha (TU) atau di Ruang Perpustakaan sekolah. Eh sekarang ada materi tentang hal tesebut. Ya udah kita bungkus yuuks ada cerita apa nih yaa .

Malam ini Di KBMN membahas materi bertema : " Mengirinkan Artikel Ke Majalah Suara Guru". Dengan Narasumber Hebat Bapak Catur Nurrohman  Oktavian dan Moderator hebat Koko Sim.

Koko Sim memperkenalkan narasumber hebat kitah Mr. Catur, beliau adalah Guru SMPN 1 Kemang  dan bertugas sebgai Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari PB PGRI  dan juga redaktur pelaksana pada majalah Suara Guru PGRI. Beliau adalah penulis juga nie besti dengan hasil buku beliau yang cukup banyak yaitu 20 Judul buku. wah banyak nyeee ya bestieee. 

Alamat Medsos Mr. Catur bisa diintip di FB : Catur ayah FamNurrohman, dengan kontak wa beliau adalah 089517706704 dan 0817740192.

Paparan Mr. Catur disampaikan dalam Pertemuaan Zoom Meetting yang bisa diresume sbb :

Majalah Guru

Majalah Suara Guru terbut sejak Tahun 1966.

Manfaat Menulis di Majalah Suara Guru

·       Sebagai guru dapat lebih mudah mengekspresikan bakat serta minat. Misalnya penulis senang membaca. Ketika sumber bacaan tidak tersedia, maka penulis mencoba menulis apa yang ingin penulis ketahui dengan cara merangkum dari berbagai sumber terkait topoik tulisan tersebut, lalu membacanya. Hal ini ternyata sangat efektif dan memberikan kepuasan sendiri.

·  Jika seseorang menulis, tentunya dapat meningkatkan keterampilan menulis yang baik dan benar untuk kepentingan penulisan administrasi dan karya tulis ilmiah guru.

·    Menulis bisa mendatangkan bonus, baik berupa hadiah buku dan benda lainnya atau hadiah berupa uang.

Alasan Seorang Guru Malas Menulis

Alasan seorang guru tidak tahu cara menulis yang baik dan benar. Semua orang bisa menulis, namun untuk menulis sesuatu secara baik dan benar, tentunya diperlukan langkah-langkah tertentu. Narasumber menghimbau agar semua guru dapat memanfaatkan Majalah Suara Guru PB PGRI sebagai arena untuk berbagi inspirasi kepada guru-guru lain di seluruh Indonesia, melalui artikel, opini, berita, dll. Opini intinya merupakan gagasan penulis yang asli tidak plagiat atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi. Beliau menegaskan bahwa Majalah Suara Guru mengutamakan bidang pendidikan, sesuai dengan brand majalah tersebut. Hal ini juga didasari pemikiran bahwa pendidikan merupakan sektor yang sangat vital di suatu negara, sehingga berbagai kebijakan dan fakta pendidikan akan selalu hadir dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk menulis.

 

Syarat Rubrik Opini

·       Gagasan asli, tidak plagiat

·       Tidak bertentangan dengan ideologi negara, tidak mengandung unsur SARA, tidak menyerang person.

·       Bersifat aktual tentang bidang pendidikan

·       Ditulis dengan bahasa populer, mudah dipahami, ringan dibaca, komunikatif

·       Ditulis maksimal 700-800 kata

 

 

Syarat Menulis Artikel di Majalah Suara Guru

·       Menyebutkan status dan foto.

·       Tulisan sesuai dengan rubrik yang disediakan (opini, resensi, sastra, destinasi, dll)

·       Diutamakan bidang pendidikan

·       Mengangkat isu actual

·       Tulisan dikirimkan via email ke alamat: majalah.suaraguru@gmail.com

 

 

Selain syarat-syarat di atas, tidak ada ketentuan khusus lainnya untuk menulis dan mengirimkan artikel ke redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI. Oleh karena itu, penulis mengajak semuanya, khususnya guru untuk mulai menulis dan berkontribusi di Majalah Suara Guru PB PGRI. Jangan takut dan ragu dengan kualitas tulisan Anda sebab nanti akan ada tim editing redaktur yang siap membantu. Selamat menulis!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...