Minggu, 22 Januari 2023

BELAJAR MENULIS DARI SANG PROFESOR


 

Belajar Menulis dari Sang Profesor 


Resume ke-6 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Jum'at, 20 Januari 2023

    Tema              : Menulis Buku Mayor Dalam Dua Minggu

    Narasumber  :  Prof. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc, M.B.A, M. Phil, MA

    Moderator     :  Aam Nurhasanah, S. Pd


Halo Sobat bunda...

Resume kali ini di KBMN adalah tentang  belajar bareng dengan pakar bersama Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit , M.Sc, M.B.A, M. Phil, M.A yang lebih banyak di sapa dengan Prof. Ekoji.

Prof. Ekoji adalah guru besar dan pakar TIK , yang menempuh pendidikan terakhir di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Bidang Teknologi Pendidikan. Saat ini beliau mengemban amanat sebagai Ketua Smart Learning Center and Character Center PGRI (PSLCC) untuk mengembangkan profesi guru dan pendidik karakter berbasis teknologi informasi. 

Sahabat bunda, setelah kuliah, beliau rajin menulis buku niee sampai sekarang. Tahu tidak jumlah buku beliau itu... ada 121 buku. Gmana ??? keren khan . Fantastis banget nie buat bunda. Bunda aje baru punya dikit , itu aje buku Modul, makanya mau ah belajar dari pakar yaaa.

Disamping buku ada banyak lagi nie karya beliau, ada 623 artikel baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Beliau cerita kalo hobby beliau menulis dimulai sejak dibangku SD. Dan tulisan beliau diterbitkan di majalah ketika sudah SMP. Beliau bercerita bahwa kenapa senang menulis, karena ingin membagi ide, membagi pemikiran, mengungkapkan gagasan dan untuk bercerita kepada orang lain. Nah kalo bunda kenapa ? saat ini sie lebih sering karena untuk mencurahkan isi hati dalam bentuk Diary. Boleh tak itu yaa??

Lanjut yaa, kata beliau dengan banyak menulis dapat membagi ide, membagi pemikiran mengungkapkan gagasan dan untuk bercerita kepada orang lain. Tuuh kan dapat dituangkan dalam bentuk tulisan yaa bestie. Jadi deh ide, gagasan dan pemikiran kita dapat tersampaikan kepada orang lain dengan baik.

Gmana ya cara untuk melahirkan ide ? yaa itu kata beliau pakai ilmu kudu. Kudu banyak membaca buku, mencari informasi, baik dari menonton TV, mendengar di Radio atau sumber-sumber lainnya yang dapat dijadikan sebagai referensi menjadi sebuah tulisan . Kalo sekarang niee sumber-sumber itu banyak yaa bisa dari mbah Google..😆😍 eits.. tapi kudu yang bener yaa dari Jurnal dan artikel yang rekomended.

Tulisan pertama beliau diterbitkan tahun 2000 . Buku yang diterbitkan pertama berisi 50 artikel , yang berisi ringkasan satu topik yang menjadi tren pada saat itu. Dari situlah akhirnya beliau adiksi tahu gaa itu loh maksudnya ketagihan. Hee..😁😁😁😃😃😃 unik yaa.... banyak orang adiksi karena drugs , nah kalo Prof Ekoji karena menulis. Kalo bunda apa ? tak tahulah masih suka baca punya orang aja nie.  Nah karena adiksi itu akhirnya banyak buku-buku lainnya deh yang diterbitkan di penerbit mayor. iya itu yang banyak tadi sebanyak 121 buku.

Pada pertemuan DI KBMN beliau memberikan tantangan kepada peserta Kegiatan Belajar Menulis Nusantara -28 ini. Banyak juga peserta yang ikut tantangan ini. tapi bunda blom bisa ikut niee, msh ada fokus yang lain. Semoga lain waktu ya Prof. 

Teman-teman di angkatan ini ternyata banyak sekali yang antusias, baru dibuka saja sudah banyak yang berminat yaa sampai admin bingung siapa nie yang awal. akhirnya dibuat G Form deh. Buat bunda, melihat hal tersebut jadi ikutan semangat loh. dapat belajar dengan pakar pasti jadi ketularan virus pinter nie. Good Luck yaa teman-teman hebat.

Bunda bantu support deh yaa bantu doa dan next bisa teman-teman lainnya bisa mendapatkan kesempatan dan suatu penghormatan sekali bisa bergabung di group menulis beliau. 

Beliau mengajarkan kepada kami bahwa untuk menjadi penulis butuh yang namanya DREAM !. iya bener butuh mimpi, maka kata beliau jika kita ingin menjadi penulis, lihatlah toko-toko buku besar di Indonesia, ingin tak nama kita terpampang di toko-toko besar itu ?, maka kita akan berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita menjadi penulis. Hmm kapan ya kira-kira ?

Peserta ada yang bertanya apakah kita bisa menulis padahal kemampuan tata bahasa kita belum baik. apakah bisa ? wah bunda banget itu. 

Prof menjawab dengan tegas, bahwa "anda mempunyai kemampuan itu, buktinya anda bisa bertanya dengan bahasa yang baik ".   

Nah sobat bunda kata prof, kita tidak usah takut ketika akan menulis, mengatakan tidak punya tata bahasa yang baik dan benar, karena pada dasarnya nanti akan terlatih. OO gitu ya Prof. kayak bunda donks... tulis..tulis aja yaaa.. biarkan mengalir aja dari yang bunda amati di kelas KBMN ini ternyata pada hebat dan keren bestie. Tapi prof, kadang suka minder nie.. teman-teman pada gercep yaa bikin resume. Bunda kayaknya masih nanti-nanti... dengan alasan klise nie.. 

Lanjut kata beliau, Bagaimana cara melatihnya ? tentu aja dengan latihan menulis. Ketika kita sering menulis maka kita akan menghadirkan tulisan-tulisan yang bermutu dan berkualitas.

Yaa Prof. Siap... ini bunda juga lagi pakai ilmu kudu niee. Kudu dipaksa yaaa mau menulis.. 

Terimakasih sharing ilmunya yaa Prof. Berkah selalu dan salam sukses. Doakan bunda juga yaa.


Hek, 20012023

Bundabk31


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...