Senin, 09 Januari 2023

PROBLEM SOLVING

 


Studi Kasus, Problem Solving


APA YANG SESUNGGUHNYA AKU INGINKAN?

APA YANG AKU INGINKAN?

APA YANG AKU INGINKAN?



    Nona seorang siswa kelas 11  di sebuah sekolah (SMK) di Jakarta. Ia adalah seorang anak yang cantik, cerdas, berprestasi akademik baik, taat beribadah, dan mudah bergaul, sehingga sangat disukai teman-teman dan banyak pria yang tertarik padanya. Ayahnya adalah seorang pemuka agama dan menanamkan nilai-nilai moral kepada seluruh anggota keluarganya, tetapi tetap moderat. Sebagai orang muda, Nona memiliki keinginan untuk hidup mengikuti trend model anak muda dewasa ini yang cenderung glamour, sementara secara ekonomi orang tua hanya mampu memfasilitasi biaya untuk kepentingan pendidikan, sehingga Nona mengalami kesulitan untuk memenuhi keinginannya yang sangat kuat untuk mengikuti gaya hidup masa kini agar dapat diterima di lingkungan pergaulannya. Penampilan yang tidak sesuai harapan membuat Nona merasa berbeda dari teman lain dan kurang yakin pada dirinya.

    Untuk memenuhi kebutuhan ini Nona diajak oleh temannya bekerja mudah,  dengan bekerja melayani pria dewasa dan mendapatkan uang sebagai imbalannya. Nona mengalami kebingungan dan keraguan, disatu sisi sangat membutuhkan uang untuk memenuhi keinginannya, tetapi disisi lain bertentangan dengan nilai-nilai moral yang diyakini selama ini dan takut kalau diketahui orang tuanya. Karena Nona terus ragu dan belum berani mengambil keputusan, temannya menjelaskan atas dasar pengalamannya disertai beberapa bukti bahwa semua kegiatan ini dilakukan secara tertutup dan personal, sehingga tidak akan ada orang yang tahu dan hasilnya sangat menjanjikan.

    Keinginan untuk mengikuti gaya hidup glamour lebih kuat mendominasi dibandingkan nilai-nilai moral yang diyakininya, Nona berpikir ini jalan yang paling mungkin dilakukan untuk meningkatkan finansial dan memutuskan untuk masuk kedalam kehidupan yang ditawarkan dan diperkenalkan temannya.

    Kehidupan ekonomi yang meningkat menempatkan Nona menjadi trend centre anak muda, bergaul dengan berbagai kalangan, menjadi pusat perhatian lingkungan pergaulannya, banyak pria mendekatinya. Kondisi ini mendorong Nona semakin mendalam menjalani profesinya sebagai pelayan pria dewasa/ Pekerja Seks Komersial (PSK) dan berupaya untuk selalu berhati-hati agar tidak diketahui oleh lingkungannya.

    Sesuai berjalannya waktu, kehidupan glamour, status ekonomi, perhatian banyak pria, dan profesi PSK yang digeluti tidak mampu lagi memberi arti bagi hidup Nona. Menimbulkan perasaan “kosong”, “hampa”, “kegelisahan”, “kehilangan arah”. Di sisi lain, Nona meresa khawatir atas keadaan dirinya yang selalu ketakutan atas Kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) dan tertularnya penyakit Inveksi Menular Seksual (IMS) salah satunya adalah HIV dan AIDS,  dari informasi yang pernah diketahuinya. Akhirnya dalam diri Nona muncul pertanyaan  “apa yang sesungguhnya yang saya inginkan”?, “apakah ini tujuan hidup saya”.

 

HOMEWORK :

1. Apakah masalah yang dialami Nona?

2. Bagaimanakah Nona memutuskan masalahnya? Apakah keputusan yang diambilnya sudah tepat?

3. Resiko apa yang dihadapi Nona ketika dia memutuskan  untuk menjadi PSK ?

4. Apabila kamu sebagai teman Nona, apa saranmu kepada Nona?

5. Tuliskan pesan-pesanmu untuk remaja Indonesia dan carilah gambar yang  sesuai

6. Kerjakan tugas ini di ketik menggunakan dokumen word dan dikirimkan melalui:

  • IG BK : @bksmkn31jakarta
  • dan di Tag ke IG Guru BK
  • dengan CAPTION : STUDIKASUSNONA_NAMA KELOMPOK_KELAS


3 komentar:

  1. kasian Nona, pasti dia kesulitan menghadapii situasi tersebut. semoga Nona' diluar sana lebih bijak dalam mengambil keputusan agar tidak terjerumus kedalam hal' yang tidak baik.

    BalasHapus
  2. Sebagai nona, harus lebih hati” dalam mengambil keputasan. Yang memang itu hanya sementara, tetapi dibalik kata itu dia tidak tau sebab-akibatnya dan apa yang telah rasain sekarang

    BalasHapus
  3. sebaiknya nona lebih berhati² lagi dalam memilih dan mengambil keputusan yang tepat untuk bekerja atau dalam hal apapun. nona harus lebih bijak dan memperhatikan saat mengambil sebuah keputusan

    BalasHapus

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...