Sabtu, 14 Januari 2023

RAIH PRESTASI DENGAN GALI POTENSI DIRI ???

 


Resume ke-3 KBMN-28

Tanggal          : 13 Januari 2023

Tema              : Gali Potensi Ukir Prestasi

Narasumber  : Aam Nurhasanah S. Pd


Moderator     : Arofiah Afifi, S. Pd


RAIH PRESTASI DENGAN GALI POTENSI DIRI ??? 

hOOLAA sOBAT bUNDA ........

Hari ketiga pelAtihan menulis kembali dimulai. Persiapan malam kemaren sepertinya tidak ready kembali jadi tak bisa pakai strategi yang sama. Dan hasilnya yaaaa pasti beda. Perjuangan memang membutuhkan proses dan inilah yang dirasakan. Hmm,,,,,,, yummy. tUUH lihat ketikan bunda deh banyak yang keriting...seperti isi kepala bunda  nih yang mulai tuing..tuing karena  pulang sekolah tadi kehujanan. Sudah berteduh tapi lama juga blom reda ...akhirnya ......nekat aja. kan biar keburu ikut kelas menulis ...eh pas jamnya mulai tuing...tuing khan....

Ternyata Prestasi tak mudah diraih dengan mudah itu pasti apalagi tak punya bekal yang cukup. Materi kali ini rupaya banyak memberi semangat untuk utak utik sesuatu yang terdalam. 

Ayooo bunbun mana semangatnya  ? hari libur nih ... HOme WOrk nya tetap adalah...yaaaa

Iya..iya ini jga lagi mulai sie....

Alhamdulliah Kelas belajar ini selalui dimulai dengan motivasi.. mba Ovi dengan nama lengkap Arofah Afifi mulai memperkenalkan diri sebagai moderator, memulainya dengan penuh ceria dan semangat dan banyak sekali pantunnya...

Katanya udah ga sabar ya belajar dengan narasumber hebat, yang akan memulai pertemuan berharga malam ini. Mba Ovi menyampaikan seperti biasa kelas akan menjadi dua sesi. Sesi materi dan sesi tanya jawab. Dan kelas belajar dimulai dengan berdoa terlebih dahulu.

Puisi dari mba Ovi dimulai nih katanya :

    💥Badan kekar umurnya tua

    💥Bawa pedang bukanlah petani

    💥Semangat berkobar kita semua

    💥Sambut  datang narasumber malam ini.

           💜 Bibir dikulum wajahnya cerah

           💜 Muka imut  bak bunga sekuntum

           💜 Assalamualikum bu Aam Nurhasanah 

           💜Kita sambut dengan tersenyum.

Waaaah benerkan ? Openingnya aja sudah bikin bunda senyum-senyum nih . 

Moderatornya saja ok gmna Narsumnya ya ? Mantab tenan.

Ketika narsum sudah bergabung mba Ovi lanjut lagi nih dengan pantunnya 

            💖Duduk di meja sambil makan

            💖Pemandangannya hutan ilalang

            💖Beribu terima kasih  kami haturkan 

            💖pada narasumber yang sudah datang.

Ternyata Pantunnya disambut baik tuh yaa oleh Narsum niee..simak deh :

                        😍    Ada Bu Ovi menulis pantun

                        😍    Pantun dibuat dengan ceria

                        😍    Mengasah diri dengan  santun

                       😍     Ukirlah pena sejuta karya

Bu Aam Narasumber malam ini bunda panggil Bunda Aam aja yah biar lebih mudah bunda menyapa nya. Ijin ya bun.

Bunda mulai menyapa kita semua : Selamat malam bapak ibu hebat di seluruh tanah air. Salam kenal.  Saya Ibu Aam Nurhasanah, seorang guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN SATU ATAP 4 CIPANAS, Kp.Gununghaur, Desa Pasirhaur, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.  Bahagia rasanya bisa membersamai Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) khususnya Gelombang 28 yang semangatnya luarrrrr biasa. Beliau juga menyampaikan Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Omjay selaku founder KBMN, yang masih memberikan kesempatan kepada bunda untuk berbagi sedikit pengalaman yang dimiliki. Bunda bertanya kepada kami , apa alasan Bapak Ibu bergabung di Kelas Belajar Menulis Nusantara(KBMN)?

Wah banyak sekali nih yang respon, menurut bunda Aam jawaban yag dikrimkan  disimpulkan bahwa semua penulis punya alasan yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu belajar, menimba ilmu, hingga akhirnya bisa menulis buku. Katanya komentar peserta luar biasa dan alsannya  semua keren. Hore... hore.. padaha bunda juga ga ikutan send nih. Bunda Aam mau tau tak kenapa bunda mau ikut kelas menuli ini. Alasannya karena mau seperti bunda AAM. he..he.. beneran loh. saolnya bunda pengen banget punya buku... baru punya atu nih itu jga karena dengan teman-teman hebat jga dan di fasilitasi. Nah sekarang kan sdh ada banyak mentor jga ya. Jadi.. kapan lagi mau mulai. Go..go! Dakan bunda yaa biar ketularan pinter seperti Bunda Aam. Aamiin.

Bunda Aam menyampaikan bahwa, : Sesuai dengan tema malam ini, kita fokus pada bagaimana menggali potensi untuk mengukir prestasi. Jawabannya sederhana. Kita bisa mulai dengan apa yang kita sukai.  Setiap manusia diberikan kesempatan yang sama untuk menggali segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi. Sebagai contoh, saya suka menulis maka saya menekuni dunia tulis. Saya menulis dari apa yang saya sukai, apa yang kita alami, atau apa yang kita kuasai. Kita bisa menulis puisi, pantun, cerpen, novel, atau kisah inspiratif yang bisa menginspirasi negeri. 

Lanjutnya : Namun, untuk penulis pemula banyak sekali kendala untuk memulai tulisan karena takut tulisan jelek, takut dibuli, tidak percaya diri, takut tulisan tidak sempurna, dan keraguan dalam mempublikasi tulisan sehingga tulisannya hanya disimpan di dalam draf dan membiarkan ide itu menguap hingga berlalu begitu saja. Saya juga merasakan hal itu saat pertama kali bergabung di dalam kelas ini. Saya bahkan dulu bergabung di gelombang 8 dan tidak lulus. Namun, saya mencoba memupuk kembali rasa semangat dalam diri hingga memutuskan untuk mengulang kelas dan lulus di Gelombang 12.

Wah bunda Aam Begitu yaa kisahnya. benar itu bun suka banyak takut.

Lanjut certa bunda Aam, katanya :

Masih ingat betul saat menjadi peserta, semangat saya berkobar saat menerima materi dari Bunda Kanjeng, hingga berbuah buku antologi dengan judul Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng. Bahagia rasanya, nama saya ada di urutan pertama dari 42 penulis se-Indonesia.

Buku adalah mahkota seorang penulis. Oleh karena itu setelah lulus dari BM 12, buku solo saya kemudian lahir.

Di mulai dari mimpi, akhirnya buku pertama saya bisa terbit dan keliling Indonesia karena banyak peserta yang memesan buku itu untuk dijadikan panduan membuat buku hasil resume.

Buku solo pertama saya yang berjudul MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT terbit  bulan Agustus 2020.

Saat lulus dari KBMN 12, saya mengabdikan diri menjadi Tim Solid Omjay dan bertugas menjadi moderator di kelas belajar menulis dan kelas belajar bicara. Sayang kalau kisah ini terlewat begitu saja maka terbitlah buku solo kedua saya yang berjudul KUNCI SUKSES MENJADI MODERTOR ONLINE

Belajar dari Omjay, beliau selalu menulis setiap hari dan mengabadikan menjadi buku. Saya mengikuti jejak beliau untuk membukukan stiap pengalaman supaya menjadi jejak literasi kita

Untuk mengasah keterampilan menulis, saya mengikuti tantangan menulis satu minggu bersama Prof. Eko Indrajit, alhamdulillah naskah saya lolos seleksi penerbit mayor dan bisa mejeng di Gramedia. Ada juga bentuk e-booksnya.

Tuuh kan cerita bunda Aam, sangat inspiratif yaa. Bahkan beliau menshare jga e-booknya kepada kami, alamatnya :

https://play.google.com/store/books/details/AAM_NURHASANAH_S_Pd_Parenting_4_0?id=5kkzEAAAQBAJ

kata bunda Aam, beliau pernah bermimpi jika suatu saat bukunya terpajang di Rak Gramedia, dan sekarang hal itu bisa terwujud. Allah memudahkan jalan untuk menggapai setiap impian. Alhamdulillah ya bun beneran kesampaian. 

Kisah lainnya bunda Aam jga mengikuti Lomba Blog dan meraih juara 1 pada bulan Maret 2021.Buku solo yang ketiga akhirnya lahir dan berkisah tentang bagaimana penulis konsisten menulis selama 28 hari tanpa jeda yang di isinya berharap bisa memberikan inspirasi melalui tulisan.

Usai mengikuti kelas BM 12, bunda Aam mendapat tawaran dari Bunda Kanjeng menjadi kurator atau penanggung jawab buku. Hampir setiap angkatan KBMN, melahirkan buku antologi bersama Bu Kanjeng dimana bunda Aam menjadi kuratornya. Setelah menjadi kurator, beliau menerima satu naskah novel dari Juminah, seorang murid yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi yang merelakan masa remajanya menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya. Novel ini katanya dikirim melalui WA dan butuh proses membukukan naskah hingga menjadi novel kisah cinta yang menarik yang siap dibaca. Kataya beliau ini buku hasil karya muridnya. Muridnya lebih dulu membuat novel daripada gurunya. Beliau sampai terharu membaca kisah novel cinta Juminah. Begitu besar perjuangannya selama 5 tahun di negeri orang hingga menemukan cinta sejatinya. Lanjut kembali cerita bunda Setelah mengedit novel Juminah dengan tebal 300 halaman, beliau kembali diberi tantangan menjadi editor oleh Bunda Kanjeng. Hingga akhirnya bunda bisa membantu para alumni KBMN untuk melahirkan buku pertamanya. Ada Pak Dail, Bu Raliyanti, Ustazah Mutmainah, Ustazah Ovi, juga yang lainnya. awal 2022, lahirlah buku solo ke-4 beliau yang berjudul RAJIN MENULIS BERBUAH MANIS. Wah hebat ya kan . keren euy. Kisah yang sangat inspiratif.

Jadi mulai berifikir deh bunda . Bisa ga ya nanti bunda menuliskan kisah murid-murid bunda yang jga banyak warna warninya... Hmm niat dulu yaa.

Sesi tanya jawabnya jga seru intinya Bunda Aam selalu memberikan semanagat buat kita. 

Pesannya antara lain :

👲 Kudu rajin nie ikutan nulis bareng (nubar) buku antologi.

👲 Kudu niat dan motivasi diri agar bisa produktif 

👲Kudu perhatikan apa yang kita lihat, kita dengar dan kita sukai bisa juga dengan meilhat album foto. itu bisa menajdai ide munulis, 

👲Kudu Pede. Biasanya jika sudah terbiasa maka perbendaharaan kata akan bertambah banyak.  katanya sieee kudu sabar yee.

👲 Kudu bisa mengukir makna hidup. katanya kita bisa dikenang saat kita sudah tiada... hiks..hiks.. jadi baper deh. 

👲 Kudu membuat skala prioritas karena setiap orang pasti memiliki kesibukkan.. Nah bunda nie kudu belajar skala prioritas. Bener loh bunbun 

👲Kudu bisa jaga mood. Hambatan menulis ketika mood kaga stabil. naiknya susah tapi meluncurnya cepet kalieeee. Nah kata bunda Aam caranya yaaa kudu rest sejenak, kudu refreshing doeloe. healing atau yang kita bisa sukai.

Nah semoga ilmu kudu dari bunda bisa Aam bisa bunda praktekkan ya bun. Semoga dengan banyaknya menulis resume sebagai ajang untuk utak utik dari dalam diri dan siapa tahuu beneran bisa menorehkan prestasi suatu saat nanti. Bismillah.

Terimakasih sharingnya bunda Aam. Semoga ilmunya berkah. Penutup dari bunda Aam :

    💛💗Guru Mulia Karena Karya.

    💛💗Jadikan Menulis Sebgai Passion.

    💛💗Rajin Menulis Hingga Karyamu Berbuah Maniez.


Wasalam

Bunda BK Belajar

14012023



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...