Minggu, 29 Januari 2023

Menulis Blog Dengan Komitmen, Gimana sih ?

 

Resume ke-8 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Rabu, 24 Januari 2023

    Tema              : Komitmen Menulis di Blog

    Narasumber  :  Drs. Dedi Dwitagama, M. Si

    Moderator     :  Sigid, PN, SH

Hallo SObat bunda...

Mau tahu ga ada yang bandel loh ? Bandel apa bun ? bandel ga tepat waktu mengumpulkan tugas 😀😁😂😃😄? Siapa itu bun ? siapa lagi kalo bukan bunda BK 😓😔😕. Udah ah jangan disenyumin yaa. soalnya bunda lagi malu nih karena double job sampai ga engeh kalo ada link Zoom. Dipikir bunda ga ada ping-ping mungkin libur..😕😖 padahal bunda aja yaaaaaaang kuper. Kurang nyimak Chats. Kurang minum kali yaa.. 😍😍😎😍😎

Nah karena telat 1 hari jadi malah menumpuk yaa. Yang sayang itu materinya jadi ga paham bangets dan ga dapat deh chemesterynya.  tapi coba  bunda cari informasi deh tentang materi ini.

Sebenarnya bunda sudah kenal dengan Bapak Dedi Dwitagama. Beliau sosok yang sering menjadi Narasumber hebat di beberapa sekolah. Bunda sendiri juga pernah ikut kegiatan yang narasumbernya beliau. Rasanya nie kalo denger beliau cerita wah jadi lupa waktu deh. Berasa sebentar gitu saking terpesonanya dan juga happy. Nah ternyata beliau jadi Narasumber team Solid Om Jay juga. Materinya ini loh mengajak kita untuk komitmen menulis di Blog. Ini aja ternyata susah ya pa Dedi... Kudu niatnya beneran komit yah. Bunda nie..yang sok tahu.. pas giliran bentrok kegiatan rasanya masih susah atur waktu yah. 

Di awal presentasi beliau menyampaikan tentang pengalaman dan ini adalah presentasi beliau yang ke 1.204 sejak tahun 1990. Wow subhallah keren pak.  Belaiu juga menyampaikan jika kita harus keluar dari Zona nyaman. Menjalankan aktivitas rutinitas adalah hal yang biasa , Mengajar, membuat persiapan, bahan ajar dll, tetapi kata beliau sangat disayangkan jika kita dikenal hanya seragam kita saja tapi tidak dikenal karya dan manfaatnya. Oleh karena itu beliau mengajak kita untuk meninggalkan jejak dalam hidup agar dikenang oleh lingkungan kita. Iyah pak maunya sie begitu. Tks yaa bapak sudah mengingatkan kami.

Kata beliau ah bunda panggil Mr. Dedi aja ya pa.. biar enak menulisnya..😀😍😍 punten ya pa . Kata Mr. Dedi, jika kita ingin menjadi orang hebat, jadilah orang yang memiliki produktivitas , memiliki ide-ide , memiliki visi yang jauh ke depan, serta memiliki perencanaan yang baik untuk  menuangkan  ide-ide agar menjadi lebih produktif.

Kata Mr. Dedi Juga... Dengan produktivitas yang baik kita akan membangun rasa percaya diri, walupun kita berada pada lingkungan yang kurang baik.  Mr. Dedi berharap kepada seluruh peserta dapat mengabadikan seluruh aktivitas , situasi, lingkungan kerja kita dalam bentuk tulisan disebuah blog. 

Iyah Mr. Dedi. Bismillah ya ini juga sdh mulai dilakukan.. tapi masih jatuh bangun nih seperti lagu aja deh. Jatuh bangun bunda mengejar tulisan. 😁😁😁😀 .

Kata Mr lagi niee... bahwa Blog akan menyimpan semua tulisan kita lebih aman sepanjang jaman. Wah keren ini ungkapannya. Sesuatu yang tersimpan dalam bentuk fisik mungkin hancur karena termakan usia , akan tetapi dengan menulis kan alam blog jauh lebih abadi. 

Kemudian kata Mr. Dedi, kita perlu menyadari bahwa adanya perubahan dan pergeseran di era digital ini. Industri majalah, industri surat kabar seperti koran telah usang dimakan zaman. Masyarakat lebih banyak mengakses informasi, berita secara digital. Maka dengan menuliskan sesuatu di Blog, akan memberi manfaat buat orang , karya kita bisa dikenang orang banyak.  Hmm begitu yaa Mr.

Masih lanjut, Jangan berpikir atau menganggap tulisan kita tidak bernilai, tidak berharga dan tidak bermanfaat , Kata Mr Dedi, "Sampah botol plastik yang anda buang mugkin anda anggap tak bernilai, tapi ternyata itu sangat bermilai buat para pemulung."

Dari paparan Mr. Dedi bahwa banyak pesan yang sangat bermakna yah bagi bunda dan juga peserta lainnya, Ternyata kita harus terus beradaptasi dengan perkembangan jaman, dan karya kita semoga akan bermanfaat buat banyak orang. Dan Insyallah kita akan dikenang dengan karya-karya kita. Amiin. 

Ada Tips dari Mr. Dedi utnuk konsisten menulis Di Blog Yaitu :  

  1. Tentukan tujuan
  2. Fokus
  3. Buat outline
  4. Mulai Menulis
  5. Selesaikan tulisan
  6. Upload
  7. Publish bisa di Blog atau Buku
  8. Ikut komunitas Blog, Club, beroganisasi
  9. Menulis lagi
  10. Perkenalkan diri Anda
  11. Bangun Networking
  12. Eat, Pray, love, 

wah banyak nyeee.. terimakasih ya Mr. Dedi atas sharing ilmunya. Semoga bunda juga ketularan pinter nie dari Mr. Dedi. Barakallahu ya Mr. Semoga lain waktu kita bisa bertamu kembali.

Salam Semangat,

Hek, 29 Januari 2023

Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...