Minggu, 29 Januari 2023

Writing is Easy??? My Be ????

 


Resume ke-9 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Jum'at, 27 Januari 2023

    Tema              : Menulis Itu Mudah

    Narasumber  :  Prof. Dr. Ngainun Naim

    Moderator     :  Lelly Suryani , S. Pd. SD


Hallo Sobat bunda..

Pada sesi pertemuan ke 9 ini kita ditemani oleh Narsum hebat dan Luar biasa Bapak Prof. Dr. Nainun Naim. Hmm kita belajar dari Sang Profesor lagi nih dan didampingi juga oleh Moderator hebat bunda Lely Suryani, S. Pd. SD. Hallo bun, salam kenal yah.

belum mulai kegiatan kita sudah dapat booster nih dari bunda Lely

Writing is Easy??? Hemmm siapa bilang. Menulis itu semudah berkata, semudah bernafas, semudah kita menggerakkan kaki mengikuti irama. Masih kesulitan menulis. Ikuti kelas malam ini, dan hempaskan segala kegundahan. So katakan Menulis itu mudah bukan??? Anda butuh bukti, jangan lupa masuk kelas malam ini. 

Tuuh benerkan seperti Booster. lanjut yuuks kita simak sesi ini lanjut.

Mengawali pembukaan menulis Prof. memberikan pengantar bahwa  menulis itu mudah atau sulit. Beliau hanya ingin mengajak peserta untuk bisa menulis. Kata beliau caranya satu: dengan menulis. Iya Prof. disimak. Lalu beliau menshare sebuah tulisan. yang pertama tentang  suasana Ramadhan di Alun-alun dan yang kedua tentang pentemuan dengan seorang sahabat. 

Kata beliau bahwa beliau Intinya ingin menyampaikan salah satu kunci menulis yang mudah, yaitu dengan :

  1. Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami
  2. Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit.
  3. Menulis tentang perjalanan
  4. Menulis secara ngemil. Sedikit demi sedikit
Penjelasan Prof, bahwa  pengalaman hidup sehari-hari itu sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami. Tinggal kita memilih aspek apa yang mau kita ceritakan. Jadi ya apa yang kita alami sehari-hari. Tulis saja. Jangan takut salah atau jelek. Takutlah jika tidak menulis. Itu kata profesor. Jika kunci (1) dijalankan, menulis akan mudah.

Kunci kedua adalah  jangan menulis sambil dibaca lalu diedit, itu akan menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Kata beliau , Nulis ya nulis. Keluar kan saja yang ada dalam pikiran secara bebas. Terus saja ✏ menulis. Nah selsai menulis atau karena sudah habis yang mau ditulis, tinggalkan dulu. Simpan di komputer, jangan dibaca dulu, cari suasana psikologis yang berbeda, istilahnya ENDAPKAN DULU. Saat berbeda, misalnya nulisnya lagi, maka saat sore baru dibaca. Cermati lah kalimat demi kalimat. Tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah. Jika ada typo perbaiki. 

Prinsip Prof sederhana, minimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginanan. Kenapa? Karena tulisan kita adalah jejak kita. 

Profesor memberi contoh tulisan nya yang berjudul Menjadikan Literasi Sebagai Tradisi. Di link :

https://www.kompasiana.com/ngainun-naim.berbagi/63d1f30408a8b51db6795d52/menjadikan-literasi-sebagai-tradisi

ini tulisan yang kata Prof diedit bebrapa kali karena ada unsur akademiknya. Jadi tulisan bsa saja ringan bisa juga berat tergantung kebutuhannya utuk apa.

Ketiga : menulis✏ tentang perjalanan. Ini juga jenis tulisan yg mudah dibuat. Kita semua sangat sering melakukan perjalanan. Jika kita  suka rekreasi tulis saja hal-hal yang kita alami. Seperti tulisan Prof tentang Senja di Pantai Warna Oestapa. ini dia bisa kita simak yah.

https://ngainun-naim.blogspot.com/2020/02/senja-di-pantai-warna-oesapa.html

Keempat : menulis✏ secara ngemil, Sedikit deni sedikit. Prof nyaris setiap hari menulis beberapa jenis tulisan. Tidak banyak, untuk blog sedikit, untuk artikel jurnal dsb. 1-2 paragraf.

di sesi Pertanyaan banyak sekali yang bertanya seputar kesulitan dalam menulis. dan Jawabnnya ternyata harus semangat yaa berstie.

Diakhir kegiatan pesan dari Prof adalah Mari menulis. Iya Prof Bener. kudu di mulai yaa.

terimakasih ya Prof ilmu dan sharingnya. Banyaknya tulisan yang sudah di share . Ada yang bunda sudah intip dikit ya Prof. Doakan bunda biar ketularan virus rajin menulis ya Prof. Barakallahu. Salam sehat dan sukses.


Wasalam,

Hek, 30 Januari 2023

BundaBk



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...