Minggu, 26 Februari 2023

LANGKAH MENYUSUN BUKU

 


Resume ke-15 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Jum'at, 10 Februari  2023

    Tema              : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis

    Narasumber  : Yulius Roma Patandean, S. Pd

    Moderator     :  Arofiah Afifi, S. Pd

"Saat-saat yang paling menakutkan dalam menulis adalah tepat ketika kamu belum memulainya."(Stephen King)

"Jika ditanya, 'Bagaimana kamu menulis? Saya akan menjawab, satu demi satu kata.' 
(Stefen King)

Hallo Sobat bunda, masih bersama bunda dan juga mash semangat tentunya. Hayya.. bunda  buat pengantar dulu ya.. eh maksudnya di group sudah diberikan pengantar nih oleh bunda Arofiah moderator kita nanti malam sebagai pengingat pertemuan malam ini. Kita simak yuuks booster dari beliau .

Dalam menulis buku hingga penerbitan buku ada beberapa proses yang harus dilalui. Termasuk memahami sistematika penyusunan buku. Dari pembuatan cover hingga halaman synopsis. Penasaran dong dengan cara penulisan buku secara sistematis, malam ini siap tayang di KBMN 28, so jangan sampe terlewat guys🤭💪

Iyah Insya Allah bun. inget kok yaa. Semoga aja sinyal aman yaa, coz bunda dalam perjalanan nie menuju Ciater. Biasa yaa tugas MM. 

Bunda Moderator menyapa kami di group , Insan literasi nusantara. Beliau menyapa kami dengan memberikan motivasi sebagai pengantar memasuki kelas ini. Yuuks kita simak.

KBMN gelombang 28 yang saya hormati, kita telah memasuki putaran ke 15. Tersisa 15 pertemuan selanjutnya. Artinya, gerbang buku solo karya para pegiat KBMN sudah menanti. Yess semangaaaat

Tulis dan rangkai lah kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga membentuk suatu kisah  panjang yang disebut suatu karya. Mulailah menulis dengan perlahan-lahan dan yakinlah karyamu akan berhasil.

Untuk mendukung karya tulis kita, agar tercipta karya sebuah buku mari kita simak bersama materi kita malam ini yaaa...

Langkah menyusun buku secara sistematis, Bunda Ovi terus memberikan penguatan kepada kami utk  "menerbitkan buku" dan in sya Allah kedepan kami pantas menyandang predikat  seorang penulis. Maka kata beliau materi kali ini sangat pas dan sangat penting. Materi kita kali ini bertema "Langkah menyusun buku secara sistematis" hal ini berkaitan dengan  niat mulia kita yang ingin  menerbitkan buku.

Sebelum membahas tentang langkah menyusun buku. kata bunda Ovi, Apa sih pentingnya kita menulis buku ? Bundaa Ovi merangkum sedikit manfaat menulis buku nih. yuuks kita  
 
Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat. Artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri.

Sebagai personal branding, sehingga memberi motivasi diri untuk lebih berkarya. Juga memberi manfaat kepada orang banyak. Materi kita kali ini bertema 
"Langkah menyusun buku secara sistematis" hal ini berkaitan dengan  niat mulia kita yang ingin  menerbitkan buku. Sebelum membahas tentang langkah menyusun buku. 
Apa sih pentingnya kita menulis buku ? Apa mamfaatnya ya ?.

Nah beliau  merangkum manfaat dari menulis buku: Yaitu: Salah satu sarana untuk memberikan apresiasi pada diri sendiri atas hasil karya yang telah selesai dibuat.
Artinya kita pantas menghargai diri kita sendiri. Sebagai bukti sejarah bawa kita pernah hidup di dunia ini. Seorang penulis terkenal sistematis dan hebat 👍 Aamiin.

Narasumber materi kita malam ini adalah : Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd, beliau adalah   sebagai penulis dan editor profesional, dengan menyandang kelulusan ujian sertifikasi lewat skema Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi. Wah keren.

Narasumber kita ini  lahir di Salubarani, Tana Toraja, 6 Juli 1984. ( waah masih muda ya)
Ia menyelesaikan jenjang  S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2003-2007).  Beliau melanjutkan pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja.

Beliau merupakan guru Bahasa Inggris di SMAN 5 Tana Toraja sejak tahun 2015
pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia.

Prestasi yang pernah diraihnya adalah guru berprestasi jenjang SMA Kabupaten Tana Toraja tahun 2016, pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA pada Porseni PGRI Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017, meraih dua medali emas dan tiga medali perunggu pada ajang Gurulympics PGRI tahun 2020
 
Profil beliau dapat dilihat di : https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html

Mr. Yulius, membuka materi dengan menyampaikan ungkapan : 
Malam ini adalah malam yang membahagiakan oleh karena cuaca di Makale, Tana Toraja sangat cerah, angin bertiup sepoi-sepoi menghempas tubuh yang sementara menjalankan aktifitas malam ini.

Beliau menyampaiakan beberapa uraian materi sbb :

👲Menulis adalah sesuatu yang unik ketika baru dimulai apalagi kalau belum terbiasa. Nah, sama seperti saya dulu, saya masih bingung mau melakukan apa saat itu.

👲Ternyata menulis adalah sesuatu yang membuat ketagihan layaknya kripik singkong yang diberikan Omjay ke saya tempo hari. Jika senantiasa dikunyah akan selalu dirindukan pula. Demikian halnya dengan menulis.

👲Menulis harus dibiasakan setiap hari, seperti slogan Omjay yang sudah familiar bagi kita

👲Semua hal bisa jadi bahan tulisan. Apa yang dilihat, dirasakan, dibayangkan dan bahkan dialami bisa dituliskan. Jika khawatir ide di kepala mudah hilang, mari tuliskan ide melalui blog. Selain menulis di blog pribadi, saya juga kembali menulis di blog Kompasiana.

👲Kembali ke pengalaman tahun 2020. Buku pertama yang saya terbitkan adalah buku solo berjudul Guru Menulis Guru Berkarya Kontennya adalah materi-materi yang disampaikan para narasumber di Grup WA. Beberapa pertemuan di grup belajar menulis, akhirnya ketemulah saya dengan tokoh pendidikan dan teknologi yang membuka wawasan saya tentang menulis. Beliau adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Dalam materinya, beliau menantang peserta untuk menulis dalam waktu satu minggu.



👲Dan hasil dari tantangan menulis satu minggu itu adalah buku ini. Bukunya bisa diperoleh di berbagai toko online. Judulnya *Digital Transformation

👲Masih di bawah magis Prof. Eko...saya pun diberi tantangan kedua untuk menulis buku dan menghasilkan buku ini.

👲Lalu, bagaimana dengan penyusunan dan pengeditan naskah buku tersebut? Semua buku yang saya tulis, penyusunan dan pengeditannya saya pelajari secara otodidak.

👲Saya menggunakan versi gratis tanpa aplikasi tambahan yang ada pada Ms Word. Nah, terkait dengan tema malam ini Menulis Buku Secara Sistematis pengalaman itu yang akan saya bagikan.

👲Sebenarnya, ada aplikasi yang bisa digunakan agar tulisan naskah buku itu  bisa "sistematis". Ada Zotero dan Mendeley yang populer di kalangan mahasiswa dan akademisi. Dan saya meyakini teman-teman guru hebat yang ada di grup ini sudah pernah menggunakan aplikasi tersebut.

👲Ala bisa karena biasa, saya lebih menyukai menggunakan versi gratis Ms Word. 😁.

👲Bagi yang penasaran, ini dia tutorial sederhana saya tentang cara membuat tulisan naskah buku sistematis.



👲Lanjut ya.... Sekarang silahkan tengok naskah tulisan teman-teman semua. Coba mulai praktekkan membuat settingan Judul, Bab hingga menyisipkan sumber tulisan menggunakan fasilitas yang ada di Ms Word.

👲Jika masih ragu-ragu, maka COBAlah. Menulis, menyusun dan mengedit naskah buku tidak bisa menjadi ala bisa karena biasa semata tanpa ada per COBA an. Dengan mencoba, maka akan timbul rasa penasaran untuk menjalaninya. Ada pahit, manis, asam, asin, kecewa dan bahagia kala mencoba. 

Percobaan mendorong teman-teman untuk berbuat lebih untuk menjawab rasa penasaran. Pertanyaannya, apakah sekedar selesai mencoba atau mau melanjutkan? Jika hendak melanjutkan, maka LAKUKAN dengan segera. Praktekkan sekaligus, biarkan mengalir bersama jari-jari mungil teman-teman. Melakukan proses lebih dalam menulis membutuhkan dorongan lebih pula. Tidak hanya dorongan untuk membuat tulisan, yang lebih utama adalah niat menghilangkan rasa penasaran di pikiran. Penasaran tentang apa yang akan saya tulis, susun dan terbitkan.

👲Ketika Menulis harus menjadi sebuah budaya. Maka, BUDAYAKAN!  bersama dengan praktek menyusun dan mengedit naskah. Menghasilkan sebuah karya tulisan sederhana tidak bisa tercapai dengan maksimal jika didorong oleh paksaan. Membudayakan menulis adalah proses menuju karya.

👲KONSISTEN adalah langkah pamungkas dalam teori menulis, menyusun dan mengedit naskah yang selama ini saya lakukan. Budaya menulis yang baik adalah ketika kita menjadi konsisten dalam mempraktekkannya.

👲Dan disimpulkan *CLBK 😁

👲Demikian pemaparan pengalaman saya dalam menulis. Selamat mencoba dan selamat menyongsong terbitnya buku perdana teman-teman semua.

Wah materinya kumplit nih. Mr. Yulius. Bunda sampai ga ganti kata kutipan yah langsung semua di copas ajah deh jadinya.

Terimakasih sharingnya yaa Mr. Yulius. Berkah selalu buat bapak. Slam sehat dan juga terus sukses ya Mr.

Salam Sahabat Nusantara
BundaBK 31







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...