Sabtu, 11 Maret 2023

Cover Buku Keren, How ?

 



Resume ke-27 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Jum'at, 10 Maret 2023

    Tema              : Membuat Cover Buku Yang Menarik

    Narasumber  : Fajar Tri Laksono, M. Pd

    Moderator     Lely Suryani, S. Pd, SD


Hallo sobat bunda, Bestie, sobat nusantara...

Bertemu di KBMN edisi 27 nie alias pertemuan perjuangan...nie bestie.

guru mulia karena karya, ini adalah pengantar dari Nara sumber hebat malam ini Bapak Fajar Tri Laksono. Beliau adalah Guru SD Pembangunan Jaya Sidoarjo, yang hobbinya adalah Desain grafis dan membaca. Beliau membuka dengan menampilkan Video Pekenalan super keren nih. kita intip salah satu slidenya yah


Keren deh Mr. Fajar. Prestasinya banyak nyeee dan juga mendapatkan apresiasi bisa berkunjung ke negara kincir angin nih. Banyak juga motivasi beliiau untuk kita semua antara lain selalu tetap berdoa dan bertawakal. Satu detik yang berllau. Guru Terlahir dengan sukses.

Wah beliau sudah membuat cover buku dia tas 2000 ? keren bangetkan yah bestie.. mau donks diajarin Mr. Fajar . Kata Mr. Fajar, beliau hanya menggunakan aplikasi PPT saja pada waktu membuat video tersebut ? tapi kok keren yah ?

Ada kalimat motivasi nie dari Mr Fajar :

Sebaik-baiknya tidak semua orang suka, seburuk-buruknya karya tidak semua orang tidak suka. Pasti ada yang menyukai maka percaya diri.

Banyak penulis yang pasrah pada penerbit. Cover yang baik adalah yang tidak melanggar lisensi orang lain. ternyata ada lisensi komersial, bukan lisensi use, keperluan personal. Jadi tambah ilmu deh.

Kata Mr. Fajar pada Awal pengantar di Zoom Meeting bahwa Buku yang baik, berkualitas dan menarik adalah buku yang yang memiliki cover buku yang menarik pula. Akan atetapi Cover buku yang menarik katanya juga harus memuat berbagai hal yang sesuai dengan kaidah dan kualitas fisik dari cover buku itu sendiri. 

Ternyata cover buku itu memang sebaiknya eye catching yaa,  sehingga akan menarik pembaca untuk membaca dan pastinya tertarik juga untuk membeli. Mau donks bunda belajar Mr. Fajar. Nah kata Mr. Fajar sebaiknya Cover buku itu ada nilai makna filosofisnya sehingga cover tersebut setidaknya  mencerminkan kandungan isi bukunya.

Tahu ga bestie, sobat bunda nusantara, keren banget loh contoh-contoh Cover buku yang pernah dibuat oleh Mr. Fajar. Hmm beneran jadi pengen baca deh isi bukunya. karena apa ? karena covernya menarik banget bestie. Suer loh bukan promosi, emank bener cakep and kereeen euy.

Nah, Fungsi Cover buku ternyata akan menarik juga untuk orang lain membacanya , bener kan bestie?. Kalo udh ga menarik kita kan juga jadi mager yeee bacanya. Oleh karena itu penulis juga kudu paham nie bagaimana cara membuat Cover buku yang baik. Caranya ? yaa kudu belajar dan berlatih kata Mr. Fajar.

Kata Mr Fajar, Cover buku yang menarik adalah Cover buku yang memiliki Desain yang OK. yang chantiq, lengkap dan performance yang lansung mengintisarikan kandungan buku tersebut. Cover yang baik membuat buku tersbut mempunyai daya tarik yang khusus juga pada akhirnya.

Gimana sie Syarat membuat Cover Buku yang menarik ? 

😈Mengetahui target pembaca

😈Memetakan desain dengan seimbang dan lengkap

😈Menggunakan colour yang bervariasi dan eye catching

😈Memilih objek foto atau gambar yang menarik , Font yang sesuai dan menarik dan sesuai dengan zaman

Unsur yang terdapat pada sampul buku 

😈 Terdapat identitas pada sampul buku pada bagian depan dan belakang

😈Terdapat sinopsis atau rangkuman buku dibagian sampul belakang

😈Desain Gambar yang menarik

😈Terdapat nama penulis, dan nama penerbit

😈Judul mudah dipahami dan memiliki kalimat penjelas

Hal-hal yang diperhatikan dalam membuat Cover Buku

💁Mengetahui unsur fisik dan non fisik

💁Memahami makna dan isi dari buku secara menyeluruh, dan mengilustrasikan isi dari buku

💁Sisi Cover buku depan dan belakang saling mendukung 

Cara Membuat Cover Buku, dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti :

1. Power Point

2. Corel Draw

3. Adobe Photoshop

Membuat Desain Cover buku perlu kesabaran, dan mempunyai jiwa seni. Lihat saja deh Hail yang dibuat oleh Mr. Fajar. Keren banget desainnya dan juga mempunyai nilai seni dan makna filosofis yang luar biasa. 

Terimakasih kepada Mr. Fajar untuk sharingnya. Kren abis deh pokoknya dan sangat menginspiratif. Salam sukses yaa Mr. Fajar dan semoga sehat selalu. Aamiin.


Salam Literasi,

BundaBK 31


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...