Sabtu, 25 Februari 2023

BUKU AJAR VS BAHAN AJAR

 


Resume ke-19 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Senin, 20 Februari  2023

    Tema              : 💖💖Menulis Buku Ajar

    Narasumber  :  Dr. Mudafiatun Isriyah , M.Pd

    Moderator     :  Mutmainah


Hallo Sahabat bunda.. Assalammu'alaikum, Wr. Wb

Bersua lagi di Channel Bunda yaaa..... tepatnya di Resume KBMN yang ke 19. Aduh...... duh... semakin hari semakin harus menyalakan api semangat dan juga komitment nih yaaa. Tapi.... sulit nyeeee... and..... emank ga boleh menyerah ini...... Walau tertinggal kudu tetap menyimak yaa. itu yang penting. Setuju ga bestie... ????? Setuju donk kalo nasebnya sama dengan bunda yaah.

Hari ini kita akan mengupas tema bagus nie. Yuuks kisa kepoin . ada apa saja di resume kita hari ini. Eh disimak dulu deng baru di resume ya tak ?

Kata Om Jay pada pengantar kelas malam ini beliau berkata :

Tak terasa kita sudah memasuki pertemuan ke-19. Semoga semakin banyak peserta yang sudah membuat resumenya dengan baik. Tidak asal-asalan atau asal jadi. Namun, tulisannya benar-benar hasil dari belajar menulis setiap hari. Sebab tiada cara lain untuk bisa menulis selain menulis secara langsung. Di saat membuat resume itu, teman-teman telah mengikat ilmu yang diterima dengan tulisan

IKATLAH ILMU DENGAN CARA MENULISKANNYA.

Aaih Om Jay, bunda mah ga pernah asal-asalan yah kalo buat resume,  tapi beneran menyimak dan meresume nih. makanya lama.. walaupun banyak kegiatan bentrok,  tapi tetap dikejar loh. Maap yee cari alasan klise yaa.. tapi suer kok emank bentrok. Ga mau disalahin bunda nie..badung. 😉😁😁

Materi InsyaAllah sudah masuk draft, hanya ya itu belum sempat untuk di edit nih. Jadi belom Pede deh ketika di publish. eh kok malah curhat yah.  Maaf yaa prend. 💗💗💗💗

Lanjut yaaaaaaa bestiieeeeee..

Om Jay memberikan infomasi kepada kita tentang Narasumber malam ini. Beliau adalah :

Ibu Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd dan beliau telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional sebagai buku terbaik. Penghargaan ini juga telah didapatkan Ahmad Fuadi, semoga buku ibu Dr. Mudafiatun juga menemukan takdir sebagai buku best seller sebagai buku non fiksi. Wah keren ya bunda Mudafiatun. Selamat ya bun.

Kata Om Jay, menulis buku Ajar seringkali tidak bisa dibuat oleh guru itu sendiri sebagai pengampu mata pelajaran. Padahal kalau guru tersebut membuat sendiri buku ajarnya, tentu akan jauh berbeda bila kita membuatnya sendiri dan tidak mengandalkan buku ajar buatan orang lain. Benar tuh Om. Idealnya emmang begitu yah. 

Bunda Emut membersamai kita mulai belajar malam ini yah.

Booster dari bunda Emut malam ini :

Menulis merupakan tingkat literasi paling tinggi setelah mendengar, Berbicara dan membaca. Meskipun menulis tidak mudah namun harus tetap dilakukan sebagai bukti kita ikut memberikan sesuatu bagi peradaban. Tanpa meninggalkan tulisan manusia akan semakin mudah dilupakan.💪💪

Ya bun terima kasih boosternya yah.

Beliau juga memperkenalkan profil Narasumber kita yaitu dapat dibaca pada link :

Dr. Mudafiatun Isriyah, M. Pd . Beliau adalah konselor dan penulis juga asesor BAN PAUD Jatim. Lulus cum laude prodi PAUD UNESA Surabaya dan melanjutkan studi di Universitas Negeri Malang untuk meraih gelar doktor Bimbingan dan Konseling. Beliau juga merupakan alumni BM 4 asuhannya Omjay. Dan peraih buku terbaik Perpusnas 2021 bersama prof Ekoji dalam tantangan menulis selama satu minggu. Gmana besti... keren kan . mau ya bun ketularan virus pinter ...👩👩👩👩

Materi tang dibahas adalah :

1. Bahan Ajar  VS  Buku Ajar

2. Pentingnya BA dalam pembelajaran

3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian/Hasil Pemikiran

4. Cara Penulisan Buku Ajar

5. Prinsip-prinsip Pemilihan Materi Buku Ajar

Kata bunda Mudafiatun, Yang pertama kita sebagai penulis buku adalah menguasai penguasaan ilmu, kemampuan berbahasa, dan paling penting adalah punya komitmen

Bagaimana Bahan Ajar vs Buku Ajar itu ???

Bahan Ajar :
1. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis atau pun tidak tertulis.
2. Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.
3. Bahan Ajar Cetak
   • Buku Teks, 
   • Buku Referensi, dan Monograf, 

   • Bahan Ajar Mandiri 
      = Modul = BAJJ  •Panduan = Petunjuk = Pedoman, •Atlas = Peta •Diagram = Poster   
   • Brosur = Leaflet = Manual      
4. Bahan Ajar non-Cetak 
    • Internet = Web Based Courses = e-learning 
    • CAI = Pembelajaran Berbantuan Komputer 
    • Slide • Video / TV 
    • Audio / Radio
sedangkan Buku Ajar merupakan salah satu bentuk bahan ajar.

Buku Ajar
Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran 
(Pannen & Purwanto, 2001)

MENGAPA BUKU AJAR PENTING DALAM PEMBELAJARAN?

1. Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa
2. Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru
3. Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja
4. Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi
5. Siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi

KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN ?

1. Promosi & Kenaikan Pangkat 
2. Mendapatkan insentif 
3. Finansial-Royalti
4. Eksistensi diri
5. Media Ekspresi
6. Branding Personal dan Institusi
7. Penguatan Keilmuan; dl

kita intip yuuks via link ini juga . 


JENIS-JENIS BUKU AJAR

1. BUKU AJAR, 

2. BUKU MODUL, 

3. DIKTAT, 

4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 

5. NASKAH TUTORIAL


BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN

Antara lain menghasilkan: 1. BUKU REFERENSI, 2. MONOGRAF

buku yg lalu shg sampai mendapatkan penghargaan terbaik 1 perpusnas dg teman Pendidikan Jarak Jauh

Buku ini hasil penelitian mjd buku referensi saya sajikan mjd sebuah buku yg didalamnya terdapat syarat dg materi yg dibutuhkan oleh guru BK. Ini namanya buku bernovelty

BUKU AJAR  VS BUKU TEKS?

Buku Ajar pada umumnya: 

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.
4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.
5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.
6. Selalu memberikan rangkuman. 
7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa
8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.
9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.
10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.
2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 
3. Disusun secara linier. 
4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).
5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.
6. Belum tentu ada rangkuman.
7. Materi buku teks sangat   
8. Dikemas untuk dijual secara umum.
9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 
10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya

Nah skr tinggal dipilih bapak ibu mana yg paling sesuai dan dibutuhkan entah itu untuk kepentingan pribadi maupun unt siswa itu sendiri, kata bundo.

CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

        1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)
            Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran 
            berdasarkan RPS yang telah disusun

        2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)
            Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan
            dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

        3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)
            Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang 
            diampu. Ada istilah: PROSEDUR KOMPILASI
            Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam
            mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS. 
        4. Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang                    digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 
            Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS. 
            Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.
        5. Buatlah/tulislah halaman penyekat bahan untuk setiap Bahan Kajian/BAB. 
        6. Bahan-bahan yang sudah dilengkapi dengan halaman penyekat untuk setiap Bahan Kajian 
            kemudian dijilid rapi (selanjutnya dicopy untuk dibagi kepada mahasiswa). 
        7. Buatlah/tulislah pedoman guru/dosen dan pedoman siswa/mahasiswa untuk mendampingi bahan
            yang sudah dikompilasi tersebut.

PROSEDUR PENGEMASAN KEMBALI INFORMASI
Informasi yang sudah ada di pasaran dikumpulkan berdasarkan kebutuhan (RPS + RTM) Informasi tersebut disusun kembali/ditulis ulang dengan gaya bahasa dan strategi yang sesuai untuk menjadi buku ajar (digubah), kemudian ditambahkan:
Kemampuan/kompetensi yang akan dicapai. 
Petunjuk belajar bagi mahasiswa. 
Latihan. 
Ringkasan. 
Umpan balik. 
Evaluasi formatif.

PERTIMBANGAN PENULISAN BUKU AJAR OLEH GURU/DOSEN 
(MENULIS SENDIRI) ????

Guru merupakan pakar dalam bidangnya (menguasai bidang ilmu). 
Guru mempunyai kemampuan menulis. 
Guru memahami kebutuhan mahasiswa dalam bidang ilmu yang dibinanya. 
Guru memiliki kemampuan mendesain pembelajaran

Pakar bagi dirinya sendiri yaaa

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR
1. PRINSIP RELEVANSI
    Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian 
    capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang
    diharapkan  dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan
    harus berupa fakta.
2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN   
    Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi   
    jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa
    empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam
3. PRINSIP KECUKUPAN
    Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai
    kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak.
    Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan 
    kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang
    tidak perlu untuk mempelajarinya.

SISTEMATIKA BUKU AJAR
Biasanya tergantung dari penerbit juga ya, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu: 

1. BAB 1 Pendahuluan
Penyajian
Penutup
Daftar Pustaka
Senarai (glossary)
Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  
֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 
֍ Identitas Mata Kuliah 
֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 
֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 
֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah
2. BAB I 
Kemampuan Akhir 
Indikator 
Pendahuluan, terdiri dari: 
֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang 
     cakupan bab tersebut.  
֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman 
     yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi 
     mahasiswa.
Penyajian:     
֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis 
     materi) dan diikuti dengan contoh-contoh. 
֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 
֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah 
      membaca uraian materi. 
֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang 
     dibahas.
Penutup, terdiri dari:   
 ֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan 
      Akhir. 
֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci 
      jawaban tes). 
֍ Tindak lanjut.

Diperlukan juga: DAFTAR PUSTAKA 
SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan. 
DAFTAR INDEX (jika diperlukan).

KUMPULAN JAWABAN TANYA JAWAB
Buku bermutu yg bisa mengukur adalah masing2 guru pengampu mata pelajaran, RPS yg dibuat itu dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dg merdeka belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni merancang ide2 guru tentunya yg sesuai dg kondisi dan karakter siswa di manan siswa itu berada

CLOSING STATEMENT
Bunda Mudafiatun, menutup pertemuan ini dengan menyampiakan pesan sbb :
Guru merupakan sosok yg akan ditiru, guru sbg model yg akan mjd figur, daya pandang siswa tak terukur karena melihat sosok guru idaman. Torehan guru menjadi prasasti bagi siswa, maka lantas guru mau seenaknya tanpa hrs menjawab kebutuhan siswa yg sesungguhnya?? sungguh tidak manusiawi jika seorang tdk merancang pembelajaran yg sesuai kebutuan siswa. Oleh karena itu marilah kita menjadi seorang guru yg memiliki komitmen untuk menghargai diri sendiri sebagai seorang yg sangat ditunggu siswa. jadilah guru yg kreatif, desainlah pembelajaran yg menarik, buatlah buku ini sebagai hasil karya guru yg di tunggu.

Terimakasih bunda Mudafiatun sharing materinya. Barakallahu.

Wasalam
Bundabk31



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...