Sabtu, 25 Februari 2023

MENULIS BUKU CD (Cerita Digital ) yuuks

 


Resume ke-16 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Senin, 13 Februari  2023

    Tema              : Menulis Buku Cerita Digital

    Narasumber  :  Nur Dwi Yanti, S. Pd

    Moderator     :  Dail Ma'ruf, M. Pd


Hallo Sobat bunda, 

Pertemuan hari ini ternyata via Zoom, karena sedang dalam perjalanan akhirnya menyimaknya sedikit deh, karena jika melalui Zoom tantangannya kan jadi aduhai, kudu menyimak dengan jelas dan anteng. 👩👩👩 . Maap yeee itu sih versi bunda loh. Tapi sobat bunda, materi ini ternyata sangat menarik yaa. Buku Cerita Digital ? wah ini mah versi kekinian yaa.. yang bisa diitip any time, any where.  Yuuks kita simak materinya bersama Mr. Damar sebagai moderator dan bunda NDY sebagai Narasumbernya. 

Diawal kelas siang hari sudah ada Booster inie..katanya :

Diera saat ini, Society 5.0.   Dimana semua konsep masyarakat  berpusat dan berbasis pada teknologi. Kecakapan berteknologi digital memegang peran utama di segala bidang, pun dalam  literasi. Salah satunya adalah pergeseran paper ke digital. Membaca buku yang biasanya hanya dapat disimak melalui media kertas, sekarang melalui pergeseran menjadi digital. Sebagai guru, kita harus mau 'melek' dan belajar tentang teknologi digital. Kapan lagi kita belajar dari pakarnya untuk membuat buku digital. HANYA ADA DI SINI, DI KBMN 28... 💪🏻

Kia intip profil beliau yuuks. 

https://sites.google.com/guru.sd.belajar.id/nurdwiyanti/profil

Bunda NDY ternyata adalah guru keren nih. Beliau adalah Guru SDN Muncul 03 Kota Tanggerang Selatan Banten. Keren lainnya kita bisa intip di profil beliau yah.

Materi yang beliau sampaikan pada sesi ini, adalah sebagai berikut yah :

Apa itu Buku Digital ?

Buku digital adalah salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital, baik itu smartphone maupun computer (pc dan laptop).

E-book disebut buku nirkertas/buku maya. Buku digital/buku elektronik, disingkat e-book atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak.

Menurut Oxford Kamus Bahasa Inggris, buku digital sebenarnya berawal dari buku cetak, kemudian buku cetak tersebut ubah dalam perangkat ebook yang dapat dibaca melalui computer pada ponsel genggam pribadi.

 

Fungsi Buku Digital

1.      👿Sebagai salah satu alternatif media belajar

2.      👿Sebagai media berbagi informasi

Tujuan Buku Digital

1.      👺👺 Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah , dengan

              cara menarik dan interaktif.

2.      👺👺 Melindungi informasi yang disampaikan.

3.      👺👺 Mempermudah proses memahami materi ajar.

 

Jenis – jenis Format Buku

1. EPUBElectronic Publication, suatu format yang didefinisikan oleh Forum Open digital book dari Internasional Digital Publishing Forum (IDPF) mengacu pada XHTML dan XML. Hal itu merupakan standar yang berkembang. Spesifikasi ePub ini dapat dijumpai dari situs IDPF , Adobe, Barnes & Noble. Apple yang semuanya memiliki DRM sendiri. Untuk versi baru yaitu ePub 3 digunakan secara luas.

2. MOBIMobiPocket, format yang dapat digunakan oleh hamper semua PDA dan Smartphone. Dalam PC Windows, MobiPocket dapat melakukan konversi file .chm, .doc, .html, .acf, .rtf dan .txt kedalam format ini.

3. PDBPalm Database file, format yang memuat beberapa format buku digital berbeda untuk ditunjukan ke perangkat berbasi Sistem Operasi Palm yang disebut PalmDOC.

4.  PDFPortable Document Format, diciptakan oleh Adobe dalam produk Acrobat yang digunakan dalam pertukaran dokumen. Format tersebut didukung oleh semua platform computer dan perangkat Smartphone. Walaupun demikian, terdapat beberapa perangkat yang bermasalah menggunakan format ini karena ukuran layar yang tidak sesuai dengan format PDF.

5. KF8 – Kindle Fire Format, format yang hampir sama dengan ePub yang disusun dalam PDB dengan DRM Amazon.

 

Aplikasi dan buku digital berbasis web :

cerita Anak_Direktorat Sekolah Dasar Leguty Media

 

Aplikasi Pemoformatan Buku Digital

1.      Sigil merupakan sebuah software editor untuk EPUB (Electronic publication) yang bersifat open source.

https://sigil-ebook.com/

2.      Secribus, Aplikasi ini juga sudah banyak digunakan di berbagai OS Komputer.

http://www.scribus.net/downloads/

3.      Aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office;

4.      Aplikasi pengolah gambar yaitu IbisPaint atau Adobe Photoshop;

5.      Aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory;

6.      Aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...