Minggu, 05 Februari 2023

TRY OUT MENULIS CERITA FIKSI


 

Resume ke-10 KBMN-28

    Hari/Tanggal : Senin, 30 Januari 2023

    Tema              : Kiat Menulis Cerita Fiksi

    Narasumber  :  Sudomo, S. Pt

    Moderator     :  Bambang Purwanto, S. Kom. Gr (Mr. Bams)


Hallo Sobat bunda ... semoga sehat selalu yaaa. Tahu tak? Materi ini sebenarnya paling bunda tunggu loh. Soalnya bunda lagi ingin nulis cerita kan. Niatnya sie pengen buat cerpen, baik kisah nyata ataupun cerita fiksi. Tapi ya itu belum punya ketrampilan yang baik nih. Makanya ikut KBMN ini. Bagi yang ceitanya mirip bunda kita kepoin yaah. Ada apa sie dipertemuan kali ini. 

Narasumber kita yang hebat ini adalah Bapak Sudomo, S. Pt, yang lebih akrab dipanggil Mazmo. Kalo bunda panggilnya Mr. Mazmo saja yaa pa e. Mohon ijin. 

Bersama dengan moderator hebat kita malam ini dengan Mr. Bams.

Mr. Bams membersamai kita dan mengajak untuk mengimak materi pada sesi ini yaitu : KIAT MENULIS CERITA FIKSI bersama Mr. Mazmo.

CV tentang beliau bisa diintip disini yah https://s.id/ProfilSudomoSPt

Kita mulai yaa bincang-bincangnya. Mr. Mazmo memulai dengan berbagi dengan menggunakan alur MERDEKA. wah keren ini Mr. yaitu katanya :

    💂Mulai dari Diri

    💂Eksplorasi Konsep

    💂Ruang Kolaborasi Konsep

    💂Demonstrasi Kontekstual

    💂Elaborasi Pemahaman, dan

    💂Aksi Nyata.

Wah ini mah mirip MERDEKA beneran yaa. soalnya bunda baru aja menyelesaikan Pendidikan Guru Penggerak. Jadi hafal deh alurnya.

Mr. Mazmo menyampaikan memalui ALur benerean nih yaa. Kata beliau :

👲Mulai dari Diri

Pada alur ini, Mr. Mazmo ingin berbagi tentang pengalaman peserta dalam menulis cerita fiksi. yang mau mengirimkan ceritanya dipersilakan. Kendalanya, tantangannya jga atau bahkan mugkin pengalaman telah menuliskan buku fiksi. Wah tantangannya Mr. Mazmo, bunda mah baru corat coret aja nih, baru coba ketak ketik. tapi belum ada yang tuntas untuk dipublish.

Dari komentar yang masuk dan bercerita tentang pengalaman beberapa perserta. Mr. Mazmo mengungkapkan apresiasinya. Kata beliau :

Wah luar biasa sekali pengalaman bapak dan ibu guru hebat dalam menulis cerita fiksi, Dari beberapa yang masuk  bisa digaris bawahi terkait adanya niat, komitmen, outline/kerangka karangan, tema, mulai menulis, dll. Kata Mr. Mazmo dari pengalaman-pengalaman tersebut, selanjutnya kita bisa masuk nih ke sesi selanjutnya yaitu Eksplorasi konsep

👲👲 Eksplorasi Konsep

Pada alur ini, peserta dipersilahkan mempelajari secara mandiri  materi yang telah disiapkan dalam bentuk cerita pendek, dan bisa membaca, membuat catatan/pertanyaan terkait materi yang ingin digali lebih jauh pada tautan ini. https://s.id/MateriSudomo

Kami diminta untuk membaca selama 10 menit, wadaw beneran merdeka ini. 

Garis besar materi cerpen tersbut di atas adalah alasan mengapa harus menulis cerita fiksi, bentuk-bentuk cerita fiksi, unsur-unsur pembangun cerita fiksi dan tips menulis cerita fiksi.

Pont penting dari materi MAzmo  antara lain :

1. Fiksimini

Fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kataa saja, seperti yang terkenal . For sale : Baby shoes, never worn, Ernest Hermingway. Jika benar-benar diperhatikan , secuil kalimat itu memeliki makna luas dan dalam

2. Flas Fiction

yaitu cerita kilat dengan kehususan jumlah kata. Bisanya mengandung plot twist.

Hal yang selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Presmis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat.  Contoh premis : Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi ekdamian dunia. Itu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh dan resolusi.

👲👲👲Ruang Kolaborasi

Pada alur ini Mr. Mazmo memberikan beberapa kalimat, tantangannya kita melanjutkan sendiri menjadi satu paragraf nanti di resume. 

Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat.

👲👲👲👲Demonstrasi Kontekstual. 

Pada alur ini kami diminta menuliskan 5 tema yang paling kami sukai dan kuasai. Kami boleh menuliskannya di notes HP atau docs atau di mana saja. Jika dituliskan akan jauh lebih baik. apa yaa bunda pikir dulu ya Mr. Mazmo

tema : Remaja, Cinta, Masa Depan, Traveling, Bimbingan dan Konseling

👲👲👲👲👲Elaborasi Pemahaman. 

Pada alur ini kita akan lebih melakukan tanya jawab. kami dipersilakan  mengirimkan pertanyaan terkait materi terutama menyangkut hal-hal yang ingin diperdalam lagi. 

Beberapa jawaban dari Mr. Mazmo antara lain :

  • Mr. Mazmo tidak pernah melakukan latihan khusus. Latihan khususnya adalah dengan terus konsisten menulis. Konsistensi ini akan membuat seorang penulis terbiasa nyaman menulis dalam kondisi apa pun.
  • Tips menulis cerita fiksi, yaitu menumbuhkan niat, menentukan ide dan genre yang disukai dan kuasai, membaca karya fiksi orang lain, membuat kerangka, dan mulailah menulis kemudian menyelesaikannya
  • Pentingnya membuat outline/kerangka karangan dengan tujuan agar tulisan tetap berada di jalurnya. Istilahnya sebagai pengingat bagi kita ketika akan melanggar jalur.
    • Berikut penjelasan terkait outline:
    • - Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita fiksi
    • - Menentukan tema agar pembaca mengerti lingkup cerita fiksi kita
    • - Membuat premis sesuai tema
    • - Menentukan uraian alur/plot berdasarkan unsur-unsurnya
    • -Menentukan penokohan kuat berdasarkan jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik
    • - Menentukan latar/setting dengan menunjukkan sisi eksotis dan detail
    • - Memilih sudut pandang penceritaan yang unik
  • Agar menjadi cerita fiksi, cerita tentang ayah dan ibu bisa ditambahi bumbu penyedap. Jadi kisah nyata menjadi dasar menulis saja. Selanjutnya dikembangkan agar lebih menarik lagi.
  • Plot : 1. Tentukan dulu jenis alur/plot yang ingin digunakan; 2. Memahami unsur-unsur alur/plot yang meliputi Pengenalan cerita, Awal konflik, Menuju konflik, Konflik memuncak/klimaks, Penyelesaian/ending
  • Kisah Nyata, prosesnya sama seperti menulis fiksi pada umumnya. Kisah nyata hanya dijadikan sebagai ide dasar saja. Pengembangan dilakukan dengan menambah bumbu misalnya konflik, tantangan tokoh, dll : 1. Kuncinya tambahkan bumbu berupa konflik, hambatan/tantangan yang dihadapi tokoh, ending yang menyentuh, dll; 2. Memberikan penjelasan selangkah demi selangkah terkait detail karakter, sifat, watak dengan metode show don't tell. Kemudian gambarkan tokoh melalui gaya bahasa, lingkungan tokoh, perilaku, 3. Kunci menjaga netralitas penulis POV 1 adalah jangan baper. Tempatkan diri sebagai penulis, bukan tokoh.
  • Kuncinya adalah buatlah dialog yang 'hidup'. Ciri-ciri dialog yang hidup itu tidak kaku, sesuai setting tempat cerita, dan ada aktivitas tokoh menyertai dialog.

👲👲👲👲👲Koneksi Antarmateri. 

Pada alur belajar ini, kami dipersilakan  menuliskan kesimpulan dari materi belajar malam ini. Kesimpulan belajar malam ini, silakan dituliskan di resume yang nanti  dibuat.

👲👲👲👲👲Aksi Nyata. 

Alur belajar ini, yaitu terkait dengan penerapan materi malam ini dalam bentuk tulisan, yaitu resume hasil belajar. Kami dipersilakan untuk membuat resume hasil belajar malam ini di blog masing-masing. Bentuk resume bebas ya.

Closing dari Mr. Mazmo bahwa Materi menulis fiksi itu mudah. dan dapat di simak lebih detail di link You tube : https://youtu.be/dXX9RWxT_u8


Kita intip yuuks. 

Terimakasih Mr. Mazmo yang telah memberikan ilmunya kepada kami, khususnya kepada bunda, Barakkalhu ya. Semoga Mr Mazmo dan Mr Bams Sehat dan sukses selalu. Doakan bunda yaa agar bisa try out alias mencoba menulis cerita fiksi yaaa Mr. Aamiin. 


Hek, 0502023

Bunda BK 

edisi bayar hutang menulis 





1 komentar:

MENGIRIM TULISAN KE MAJALAH SUARA GURU

  Resume ke-22 KBMN-28     Hari/ Tanggal : Senin, 27 Februari  2023      Tema                  : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru     ...